Detail Publikasi Penelitian

Analisis Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing, Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat.

Judul Penelitian : Analisis Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing, Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat.
Abstraksi : Lihat Abstraksi
RINGKASAN

Pembangunan daerah Kalimantan Barat dititikberatkan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui penggalakan investasi baik investasi domestik yang dikenal dengan istilah penanaman modal dalam negeri maupun investasi asing yang dikenal dengan penanaman modal asing, yang kesemuanya itu pada akhirnya merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan unit yang dianalisis terdiri dari 8 (delapan) kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kota Pontianak.
Dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda ditemukan hasil : pertama, PMDN untuk kabupaten sambas, bengkayang, pontianak, sanggau, sintang, Kapuas hulu, kota pontianak dan kalimantan barat tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah masing-masing. Kedua, PMA untuk kabupaten sambas, bengkayang, pontianak, sanggau, sintang, kapuas hulu, kota pontianak dan kalimantan barat tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah masing-masing. Ketiga, pengaruh simultan antara PMDN dan PMA hanya kabupaten ketapang yang memiliki pengaruh sementara kabupaten yang lainnya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah masing-masing. Keempat, pada kabupaten sambas, pontianak, sanggau, ketapang dan kabupaten sintang, PMDN berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya sementara untuk kabupaten bengkayang, Kapuas hulu, kota pontianak dan Kalimantan barat itu sendiri, PMDN tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Kelima, Pada kabupaten sambas, sanggau, ketapang dan kalimantan barat terdapat pengaruh PMA terhadap kesejahteraan masyarakatnya sementara kabupaten bengkayang, pontianak, sintang, kapuas hulu dan kota pontianak, PMA tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Keenam, Pengaruh simultan antara PMDN dan PMA terhadap kesejahteraan masyarakatnya, hanya kabupaten bengkayang, kapuas hulu dan kota pontianak yang tidak memiliki pengaruh sementara untuk kabupaten sambas, kabupaten pontianak, kabupaten sanggau, kabupaten ketapang, kabupaten sintang dan Kalimantan barat itu sendiri berpengaruh. Ketujuh, Pertumbuhan ekonomi kabupaten bengkayang, ketapang dan kalimantan barat itu sendiri berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya sementara pertumbuhan ekonomi kabupaten sambas, pontianak, sanggau, sintang, Kapuas hulu dan kota pontianak tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

 

Tahun Anggaran : 2011
Tanggal Publikasi : 30 Mei 2012
Media Publikasi : Laporan Hasil Penelitian
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Yani Riyani Utama
2 Kartawati Mardiah Anggota 1
3 Resty Pahlawantika Mahasiswa
4 Ramdani Mahasiswa
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Pontianak
Bidang Ilmu : Sosial dan Ekonomi
FILE : RINGKASAN_Yani_2011.docx