Detail Proposal Penelitian

Optimasi Proses Pre Treatment Teknologi Pengolahan Buah dan Sayur Lokal Unggulan Kalimantan Barat 

Abstraksi : Lihat Abstraksi
"Buah dan sayur merupakan produk pertanian strategis yang ketersediaannya di Indonesia senantiasa berlimpah sepanjang tahun, produksi buah dan sayur tropis di Kal-bar sangat berlimpah di musim panen raya, namun karena sifat dan kandungan zat gizinya, buah dan sayur digolongkan sebagai bahan pangan yang mudah rusak atau busuk atau sangat mudah rusak/busuk (perishable). Teknologi yang dapat mengurangi kerusakan dan kebusukan buah dan sayur sangat diperlukan selain dalam upaya untuk memperpanjang masa simpannya sebelum tiba di tangan konsumen juga untuk menyelamatkan keberlimpahan buah dan sayur yang terjadi pada saat panen raya.
Tujuan penelitian : untuk mengetahui karakteristik kimia, fisika dan organoleptik, serta tingkat kesukaan konsumen terutama anak-anak pada fruit and vegetable chips dengan optimasi proses pre treatment pada teknologi pengolahan buah dan sayur lokal unggulan KalBar. Menentukan kombinasi konsentrasi sukrosa sebagai larutan osmotik, suhu dan lama waktu penggorengan yang terbaik, mengkaji pengemasan dan umur simpan serta peluang industri fruit and vegetable chips dengan optimasi proses pre treatment melalui studi kelayakan terhadap industri yang dapat dikembangkan di Kalimantan Barat.
Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan rancangan percobaan : Rancangan Acak Lengkap terdiri dari tiga faktor : faktor konsentrasi sukrosa, suhu dan lama penggorengan. Variabel konsentrasi sukrosa terdiri atas 5 taraf yaitu : 0%, 10%, 20%, 30%, 40%. Variabel lama penggorengan terdiri atas 5 taraf yaitu : 35 menit , 45 menit, 55 menit, 65 menit, 75 menit. Variabel suhu penggorengan terdiri atas 5 taraf yaitu : 500C, 600C, 700C, 800C, 900C. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisa menggunakan Analysis of Variance (ANAVA). Jika ternyata terdapat perbedaan maka perlu dilakukan uji statistika lanjut dengan menggunakan uji Duncan's Multiple Rang Test.
"
Judul Tema Penelitian : Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (AUPT) Tahun 2011 Program Desentralisasi Penelitian Tahun Pendanaan 2012
Jenis Penelitian : Penelitian Unggulan PT (AUPT)
Level Penelitian : Nasional
Tahun Anggaran : 2012
Bidang Ilmu : Teknik Mesin
Pengelola Penelitian : Teknik Mesin Polnep
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Ir. H.M. Toasin Asha, M.Si Utama
2 Marsela Diaz, SE, MSA,Ak Anggota 1
3 Kuswartini