Detail Proposal Penelitian

ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PROPINSI KALIMANTAN BARAT

Abstraksi : Lihat Abstraksi
"Tujuan jangka panjang dilaksanakannya penelitian ini adalah memberikan kontribusi pemikiran dalam konteks: (1) pengembangan bidang ilmu manajemen, khususnya manajemen pemasaran dalam agribisnis; (2) peningkatan kinerja pemasaran yang berkesinambungan pada industri perkebunan kelapa sawit di propinsi Kalbar sebagai dukungan Indonesia menjadi produsen nomor satu minyak sawit dunia; (3) pengembangan kemitraan strategis yang saling menguntungkan antara institusi perguruan tinggi dengan komunitas industri sebagai pemakai jasa perguruan tinggi.
Adapun target khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menyusun model teoritik berdasarkan data empirik yang diperoleh dari lapangan sebagai upaya peningkatan kinerja pemasaran perusahaan pada industri perkebunan kelapa sawit di Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berdasarkan analisis pengaruh variabel keunggulan bersaing perusahaan.
Untuk mencapai tujuan jangka panjang dan target khusus tersebut digunakan metode penelitian survei deskriptif (descriptive survey) dan survei eksplanatori (explanatory survey) menggunakan kuesioner. Selain kuesioner yang digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini, juga akan digunakan wawancara dan observasi untuk melengkapi data penelitian. Susunan rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) melakukan survei pendahuluan, (2) merumuskan masalah berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah, (3) menyusun rancangan penelitian, (4) menyusun rancangan sampel penelitian, (5) mengumpulkan data dengan instrumen penelitian yang telah ditetapkan, (6) melakukan pengolahan dan analisis data, (7) menarik kesimpulan dan menyusun laporan penelitian.
Tujuan jangka panjang dilaksanakannya penelitian ini adalah memberikan kontribusi pemikiran dalam konteks: (1) pengembangan bidang ilmu manajemen, khususnya manajemen pemasaran dalam agribisnis; (2) peningkatan kinerja pemasaran yang berkesinambungan pada industri perkebunan kelapa sawit di propinsi Kalbar sebagai dukungan Indonesia menjadi produsen nomor satu minyak sawit dunia; (3) pengembangan kemitraan strategis yang saling menguntungkan antara institusi perguruan tinggi dengan komunitas industri sebagai pemakai jasa perguruan tinggi.
Adapun target khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menyusun model teoritik berdasarkan data empirik yang diperoleh dari lapangan sebagai upaya peningkatan kinerja pemasaran perusahaan pada industri perkebunan kelapa sawit di Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berdasarkan analisis pengaruh variabel keunggulan bersaing perusahaan.
Untuk mencapai tujuan jangka panjang dan target khusus tersebut digunakan metode penelitian survei deskriptif (descriptive survey) dan survei eksplanatori (explanatory survey) menggunakan kuesioner. Selain kuesioner yang digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini, juga akan digunakan wawancara dan observasi untuk melengkapi data penelitian. Susunan rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) melakukan survei pendahuluan, (2) merumuskan masalah berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah, (3) menyusun rancangan penelitian, (4) menyusun rancangan sampel penelitian, (5) mengumpulkan data dengan instrumen penelitian yang telah ditetapkan, (6) melakukan pengolahan dan analisis data, (7) menarik kesimpulan dan menyusun laporan penelitian.
"
Judul Tema Penelitian : Penelitian Hibah Bersaing ( APHB ) Program Penelitian Desentralisasi Penelitian tahun 2012
Jenis Penelitian : Penelitian Hibah Bersaing (APHB)
Level Penelitian : Nasional
Tahun Anggaran : 2012
Bidang Ilmu : Rekayasa
Pengelola Penelitian : Teknik Sipil dan Perencanaan
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Dr. Ir. Nurmala, MM Utama
2 Saniah Anggota 1
3 Syarifah Novieyana,SE,MM