Detail Penelitian

Kejelasan Peran Serta Penerapannya Dalam Menunjang Efektifitas Kerja Teknisi/Laboran di Lingkungan Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)

Tahun Anggaran : 2011
Pengelola Penelitian : Administrasi Bisnis Polnep
Abstraksi : Lihat Abstraksi
Perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor dan pandangannya tentang faktor-faktor tersebut yang akhirnya berdampak pada peran sertanya dalam melaksanakan dan mencapai tujuan organisasinya. Manusia dilahirkan berbeda, kita sebagai mahluk sosial sangat memerlukan adanya hubungan dengan manusia yang lain. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan yang tidak pernah ada batasnya. Namun kita sadar bahwa setiap pribadi adalah berbeda. Perbedaan ini jika ditelaah secara mendalam merupakan suatu hal yang menarik atau justru menjadi suatu tantangan yang berat.
Terjadinya perubahan dalam suatu unit organisasi pasti akan menimbulkan perubahan-perubahan yang mendasar dan menyeluruh dalam organisasi tersebut, baik terhadap personil, pembiayaan, maupun dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Akibat pertama yaitu sering terjadinya tumpang-tindih (overlapping) atau yang lajim disebut dengan terjadinya ketidakjelasan peran dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan sesuai dengan wewenang dan haknya serta berdampak pada efektifitas kerja. Sedangkan di sisi lain untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif diperlukan pemaduan antara kebutuhan organisasi dengan kebutuhan personil. Pemaduan kebutuhan inilah yang lajim disebut dengan motivasi. Dari diindikasi dua akibat tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa ketidakefektifan pelaksanaan tugas dapat berdampak pada efektifitas kerja (efektifitas organisasi secara keseluruhan). Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis "Kejelasan Peran Serta Penerapannya Dalam Menunjang Efektifitas Kerja Teknisi/Laboran Di Lingkungan Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)".
Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan (explanatory/confirmatory research), karena penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel variabel dengan melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan. Adapun penelitian ini menggunakan 2 (dua) variabel. Adapun adalah variabel bebasnya (independent) adalah kejelasan peran (X) dan variabel terikatnya (dependent) adalah efektifitas organisasi (Y). Populasi penelitian ini adalah Teknisi/Laboran Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skor penilai berdasarkan skala likert dengan skor 1 - 5. Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linear sederhana.
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Edy Sutrisno, S.E., M.AB. Utama
2 Drs. Agus Eko Tejo Sasongko, M.Si Anggota 1
3 Tri Wahyuarini, SE, M.Si Anggota 1
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Politeknik Negeri Pontianak
Bidang Ilmu : Sosial dan Ekonomi
FILE :