Detail Penelitian

ANALISIS PENGARUH CELAH UDARA (AIR GAP) TERHADAP UNJUK KERJA PANEL SURYA DI KOTA PONTIANAK

Tahun Anggaran : 2011
Pengelola Penelitian : Teknik Mesin Polnep
Abstraksi : Lihat Abstraksi
Kenaikan temperatur pada panel surya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingkat pembangkitan daya menjadi rendah. Penyebab kenaikan ini adalah akibat pembuangan panas yang kurang pada celah udara (antara permukaan panel surya bagian bawah dan permukaan tempat panel surya terpasang). Selain pembuangan panas yang kurang, pengaruh iklim dan tempat pemasangan juga sangat besar.
Oleh karena itu peneliti mencoba untuk melakukan suatu penelitian yang coba mengkaitkan ukuran celah, kenaikan temperatur dan pengaruh iklim/lingkungan khususnya di Kota Pontianak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan test rig panel surya yang celah udaranya dapat diatur. Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kecepatan perpindahan panas juga di ukur seperti kecepatan angin dan temperatur lingkungan.
Percobaan dilakukan dengan berbagai variasi ukuran celah dan variasi temperatur maupun kecepatan angin. Dari berbagai variasi tersebut diharapkan dapat diketahui besar celah udara efektif yang sesuai dengan iklim Kota Pontianak. Celah yang efektif ini diharapkan dapat menstabilkan atau memperlambat kenaikan temperatur pada panel surya. Dengan stabilnya temperatur dari panel surya ini sesuai dengan temperatur yang direkomendasikan diharapkan nilai efektifitas dan tingkat efisiensi dari pembangkitan daya menggunakan matahari menjadi tinggi. Diharapkan besar celah udara ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam pengaturan celah udara dari panel surya yang akan dipasang di Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Sutrisno Utama
2 Aripin Manurung Utama
3 MASY’ARI, ST, M.ENG Anggota 1
4 Maryono Effendi Anggota 1
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Kota Pontianak
Bidang Ilmu : Teknik Mesin
FILE :