Detail Penelitian

Kajian Pemilihan Moda Angkutan Sungai Rute Rasau Jaya - Teluk Batang

Tahun Anggaran : 2011
Pengelola Penelitian : Teknik Sipil dan Perencanaan
Abstraksi : Lihat Abstraksi
Angkutan sungai merupakan sarana penghubung yang sangat penting dan strategis dalam melayani kebutuhan transportasi di wilayah yang belum dapat dilayani transportasi darat dengan baik. Angkutan berupa kapal motor, kapal perinstis, speed boat berperan besar dalam mendukung kebutuhan transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat. Sering terjadi penyimpangan-penyimpangan akibat keterbatasan jenis dan jumlah armada yang tersedia seperti penyimpangan peruntukan angkutan, kelengkapan peralatan keselamatan pelayaran yang tidak ada atau tidak sebanding dengan jumlah penumpang yang diangkut serta jumlah penumpang yang sering melampaui batas pengangkutan yang telah ditetapkan. Namun demikian, karena pilihan yang tersedia bagi pengguna angkutan sangat terbatas, menyebabkan masyarakat tidak mempunyai pilihan lain.
Pada penelitian ini, dilakukan permodelan dengan metode stated preference untuk mengetahui besarnya permintaan dari masing-masing moda transportasi yang menghubungkan wilayah Pelabuhan Rasau Jaya dan Pelabuhan Teluk Batang. Parameter yang ditinjau berdasarkan parameter waktu tempuh, biaya, keamanan, kenyamanan, fasilitas, jenis kelamin, pekerjaan dan pendapatan penumpang. Moda transportasi yang diamati meliputi Kapal Klotok dan Ferry.
Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat diketahui respon masyarakat terhadap beberapa alternative atribut yang ditawarkan, sehingga dapat memberikan gambaran dalam upaya meningkatkan sarana dan prasarana transportasi dimasa mendatang.
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Nizar, S.T., M.T Utama
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Rasau Jaya - Teluk Batang
Bidang Ilmu : Rekayasa
FILE :