Detail Penelitian

STUDI IMPLEMENTASI TENTANG PERANAN PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLNEP (Kajian Terapan Sistem Pendidikan Tinggi tentang Layanan Administrasi, Pembelajaran, Praktikum, Manajemen, dan Layanan Informasi

Tahun Anggaran : 2011
Pengelola Penelitian : Administrasi Bisnis Polnep
Abstraksi : Lihat Abstraksi
RINGKASAN PENELITIAN

Pelanggan tentu sangat berkepentingan dan memendam harapan terhadap kinerja dari Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) untuk dapat melaksanakan dengan baik. Bahkan harus mampu memfokuskan perhatiannya dengan upaya yang terus-menerus terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Hal ini menjadi sangat urgen karena berkaitan erat dengan tingkat kepuasan konsumen.
Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan ketika Kualitas Pelayanan yang baik dapat ditingkatkan. Dalam hal Layanan Manajemen (X3) merupakan skor yang terendah dibandingkan dengan lima variable lain, tampaknya perlu sekali mendapat perhatian yang lebih serius. Adanya efisiensi yang rasional dan tinggi dalam suatu proses akan dapat menghasilkan kualitas yang baik dan sesuai. Rumiati (2005) menyebutkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menghasilkan profesionalitas dalam layanan, dan hal ini akan tercermin dari tingginya indeks kepuasan konsumen.
Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Jurusan Administrasi Bisnis Polnep, dimana bidang usahanya adalah untuk menyediakan layanan pendidikan bagi masyarakat dengan respondennya adalah para mahasiswa dan atau calon mahasiswa sebagai pelanggan (konsumen).
Beberapa penjelasan di atas menunjukkan adanya indikasi permasalahan yaitu : Pertama, bagaimana Kualitas Pelayanan yang diberikan Jurusan Administrasi Bisnis Polnep ditinjau dari kesenjangan antara Kinerja dan Harapan konsumen? Kedua, bagaimana pengaruh variabel Kualitas Pelayanan yaitu Layanan Administrasi (X1), Layanan Pembelajaran (X2), Layanan Manajemen (X3), Layanan Praktikum (X4), dan Layanan Infromasi dan Komunikasi (X5). baik secara simultan maupun parsial terhadap variabel Kepuasan konsumen? Dan ketiga, berdasarkan pada variabel Kualitas Pelayanan yang ada, variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel Kepuasan konsumen?
Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menjelaskan Kualitas Pelayanan yang diberikan Jurusan Administrasi Bisnis Polnep ditinjau dari kesenjangan antara Kinerja dan Harapan konsumen, (2) untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kualitas Pelayanan baik secara simultan maupun parsial terhadap variabel Tingkat Kepuasan Pelanggan, dan (3) untuk mengetahui variabel Kualitas Pelayanan yang pengaruhnya dominan terhadap variabel Tingkat Kepuasan Pelanggan.
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat Akademis; yaitu hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kajian yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan, dan manfaat Praktis; dimana hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Jurusan Administrasi Bisnis Polnep untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi mahasiswanya serta sebagai informasi dan bahan pertimbangan dalam menyusun strategi kebijakan.

 

Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 Didi Zulyanto Utama
2 Evi Sofiana, SE, MM Anggota 1
3 Riska Wahyuni, S.S Anggota 1
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Lembaga Layanan Publik sector pendidikan yaitu Jurusan Administrasi Bisnia Polnep.
Bidang Ilmu : Sosial dan Ekonomi
FILE :