Detail Penelitian

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Metode CBI dalam Mengembangkan Interaksi Mahasiswa Semester 1 dalam Kelas Bahasa Inggris di Jurusan IKP POLNEP

Tahun Anggaran : 2011
Pengelola Penelitian : Ilmu Kelautan dan Perikanan Polnep
Abstraksi : Lihat Abstraksi
Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di dunia international sudah bukan merupakan hal yang langka ataupun eksklusif untuk dipelajari. Bahasa lingua franca ini merupakan sebuah keahlian yang harus dimiliki akademisi seperti mahasiswa khususnya. Namun, status bahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign English atau EFL) di Indonesia mempengaruhi kemampuan orang Indonesia secara umum dan mahasiswa secara khusus. Politeknik Negeri Pontianak sebagai pendidikan tinggi vokasi sangat diharapkan menghasilkan alumni yang dapat berkompetisi di dunia kerja tingkat internasional sesuai dengan misi yang akan dicapai pada tahun 2020 (Polnep, 2009) Dalam hal ini, peranan kemampuan bahsa Inggris adalah hal yang mutlak. Pada umumnya mahasiswa yang diterima di jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan (IKP), khususnya di Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup dan motivasi dan tingkat keterlibatan dalam proses belajar mangajar (PBM) yang cukup rendah. Dalam kelas bahasa Inggris banyak mahasiswa tidak menunjukkan keterlibatan mereka dalam kelas bahasa Inggris dengan berdiam diri selama PBM. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang antara lain latar belakang pendidikan, sosial ekonomi, dan juga minat bahasa terhadapa bahasa Inggris yang cukup rendah. Rata-rata mahasiswa TPI berasal dari sekolah menengah kejuruan perikanan dan berasal dari keluarga nelayan yang tinggal di daerah pedesaan yang sangat langkah dan jauh dari jangkauan akan akuisisi/pemerolehan bahasa Inggris dalam kehidupan sosialnya. Maka dengan mempelajari kondisi ini, peneliti akan mengadakan penelitian tindakan kelas dalam kelas TPI semester satu. Metode Content-based Instruction (CBI) telah terbukti oleh sejumlah penelitian yang sudah dilakukan di beberapa konteks (Stryker, 1997) dimana metode ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa yang sekaligus dapat mengembangkan interaksi mahasiswa selama PBM dalam mata kuliah bahasa Inggris.
Peneliti :
NO NAMA PENELITI STATUS
1 NURMALA ELMIN SIMBOLON, SS, M.Ed Utama
Lokasi Penelitian :
NO LOKASI
1 Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Polnep
Bidang Ilmu : Pertanian
FILE :