Detail Berita

PERINGKAT WEBOMETRICS JULI 2012

Highslide JS 9 Agustus 2012 / www.polnep.ac.id
uppm.polnep.ac.id

Webometrics periode Juli 2012 telah dilansir pada tanggal 30 Juli 2012 yang lalu, dengan melakukan pemeringkatan sekitar 20.000 website perguruan tinggi di dunia (http://www.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id&offset=100). Dalam situs tersebut, peringkat website Polnep (http://polnep.ac.id) menduduki peringkat 111 Indonesia dan 8198 dunia. Untuk kategori politeknik website Polnep menduduki peringkat 1 Kalimantan, 6 Indonesia, 10 Asia Tenggara dan 53 Asia.

Peringkat website Polnep mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu Januari 2012. Tingkat dunia naik 1037 peringkat dari 9235 menjadi 8198, dan di Indonesia naik 5 peringkat dari 116 menjadi 111. Pada kategori politeknik, tingkat kalimantan masih berada di peringkat 1, tingkat Indonesia naik satu peringkat dari 7 menjadi 6, Asia Tenggara naik satu dari 11 menjadi 10 serta tingkat asia naik 8 dari peringkat 61 ke 53. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

\"\"webo.jpg\"\"


Perangkingan webometrics juli 2012 mengalami perubahan pada parameter penilaian. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Parameter Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact adalah jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness adalah jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Serta Excellence adalah jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

Pemeringkatan Webometrics ini bertujuan untuk mengukur komitmen perguruan tinggi melakukan pengelolaan/manajemen web secara online. Perguruan Tinggi dipacu untuk meningkatkan sharing tulisan, file dokumen, artikel ilmiah dan segala hal yang dapat memberikan dampak positif serta manfaat kepada orang lain. Tanpa disadari dengan berjalannya waktu beberapa tahun belakangan ini memang telah terjadi perubahan budaya di lingkungan Polnep. Perubahan yang cukup menonjol dan mendukung peningkatan peringkat diantaranya, munculnya kesadaran banyak pihak untuk menghidupkan domain unit kerja, baik tingkat jurusan, UPT maupun unit yang lainnya. Pengumuman/informasi yang dulunya banyak dipajang di papan pengumuman perlahan sudah mulai bergeser diupload ke domain masing-masing. Tentunya dengan perubahan ini memberikan dampak positif yaitu kemudahan bagi civitas untuk mengakses informasi dengan cara cepat. Mudah-mudahan ke depan semua unit yang ada di lingkungan Polnep akan melakukan gerakan yang sama, apalagi saat ini sudah didukung dengan perbaikan infrastruktur ICT dan peningkatan bandwidth sebesar 50MBps. Terima kasih diucapkan kepada seluruh teman-teman yang sudah memberikan kontribusinya untuk meningkatkan layanan ICT di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak serta membantu membesarkan domain Polnep.